Penyakit Paling Mematikan Di Dunia

10 Penyakit Paling Mematikan dan Mengerikan Di Dunia

Muda ataupun tua, setiap harinya di dunia ada saja manusia yang meninggal karena penyakit yang mereka tuai. Berbagai upaya penyembuhan dilakukan, namun tetap saja ada penyakit yang tidak dapat diobati.

Ternyata penyakit paling mematikan dan berbahaya bagi umat manusia di bahwa ini adalah penyakit-penyakit yang muncul karena kebiasaan hidup sehari-hari orang yang terkait.

Maka inilah sebabnya mengapa “mencegah lebih baik dari pada mengobati”. Ini akan kami rangkumkan 10 Penyakit paling mematikan dan mengerikan di dunia.

1. Penyakit Jantung Hipertensi

Penyakit Jantung Hipertensi

Sebagaimana hipertensi adalah kondisi medis yang disebabkan karena tekanan darah tinggi, maka penyakit jantung hipertensi ini adalah penyakit yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi.

Karena tekanan pada aliran darah terlalu tinggi, maka jantung dipaksa melakukan pemompaan yang lebih kuat dan pada akhirnya menyebabkan penebalan otot jantung.

Penebalan otot jantung sendiri dapat penyempitan katup yang pada akhirnya mengarah ke kematian walaupun Anda masih dalam usia produktif.

Selain penebalan otot jantung, penyakit jantung hipertensi juga dapat menyebabkan penyakit jantung krooner dan gagal jantung.

2. Kanker Paru-Paru

Kanker Paru-Paru

Inilah jenis penyakit kanker yang paling banyak menyebabkan kematian di dunia, setidaknya terdapat 1.6 juta orang yang meninggal karena penyakit ini setiap tahunnya.

Umumnya diderita oleh orang-orang yang merokok, semakin muda dan sering mereka merokok perharinya maka resiko kanker paru-paru semakin tinggi.

Anda masih ingat pelajaran mengenai perokok pasif? Inilah hal yang paling mengerikan dari asap rokok, dimana asap rokok yang terhirup juga dapat menyebabkan resiko tinggi akan penyakit mematikan ini.

Setiap tahunnya, minimal 3000 pria dewasa akan meninggal walaupun mereka tidak merokok singkatnya hanya dengan menghirup asap rokok dari perokok di sekitar mereka.

3. Tuberkulosis

Tuberkulosis

Tuberkulosis atau TBC merupakan infeksi bakteri yang mempengaruhi paru-paru, namun dapat menyebar ke organ lainnya. Sehingga jika Anda berdekatan dengan orang yang memiliki penyakit ini, Anda juga dapat terinfeksi langsung.

Penyakit mematikan ini tidak mengenal usia dan dapat menginfeksi mereka yang muda maupun yang tua. Jadi jagalah kesehatan dari dini ya.

Beberapa gejala utama dari penyakit ini adalah kelelahan, demam, hidung berair, keringat berlebihan ataupun penurunan berat badan.

Apabila Anda melihat seseorang yang menderita gejala seperti ini maka segera anjurkan mereka melakukan pengecekan ke dokter.

Yang mengerikan adalah statistik menunjukkan bahwa 1/3 populasi dunia memiliki gejala akan penyakit ini dan penyakit ini mematikan lo.

4. Diare

Diare

Siapa yang menyangka kalau ternyata Diare adalah salah satu penyakit paling mematikan untuk manusia. Diare sendiri adlaah penyakit yang mengakibatkan feses menjadi cair dan terjadi dalam rentang waktu yang terus menerus setidaknya 3 kali dalam 1 hari.

Umumnya penyakit ini tidak bertahan lebih dari 2-3 hari namun dalam kasus yang parah penyakit ini bisa berakibat hingga 1 minggu ataupun bulanan.

Alasan mengapa Diare adlaah penyakit yang mematikan adalah karena mereka yang menderitanya akan secara terus menerus turun berat badannya, iritasi, kehilangan cairan tubuh, hingga infeksi.

Bahkan di negara-negara berkembang, diare adalah penyebab kematian paling umum kedua untuk balita. Setiap tahunnya terdapat sekitar 2,6 juta orang di dunia yang meninggal dikarenakan penyakit ini.

5. Infeksi Saluran Pernapasan

Infeksi Saluran Pernapasan

Pada umumnya infeksi saluran pernapasan dapat dibagi menjadi 2 yaitu bronkitis dan pneumonia. Sebagaimana namanya, mereka yang menderita penyakit ini akan mengalami kesulitan dalam pernapasan.

Setiap tahunnya terdapat 3,46 juta orang yang meninggal dunia dikarenakan penyakit ini. Penyakit ini memang awalnya tidak akan tau gejalanya, jadi kalau sudah ada tanda-tanda payah bernapas segera periksa ke dokter.

Gejala penyakit ini pada umumnya adalah hidung yang berair, bersin, sakit kepala dan nyeri tenggorokan. Penyakit ini tidaklah mudah untuk dideteksi karenak perkembangan bakteri ataupun infeksi pada paru-paru.

6. Stroke

Stroke

Stroke Adalah penyakit dimana otak kehilangan fungsinya sebagai akibat kurangnya aliran darah pada bagian otak. Salah satu penyebab paling umum dari stroke antara lain adalah karena pembuluh darah di otak tertutup ataupun pecah.

Aliran darah adalah hal yang sangat penting bagi tubuh manusia, walaupun hanya terhenti selama beberapa detik, hal itu dapat mengakibatkan resiko medis yang sanagt tinggi bahkan kematian.

Berhentinya aliran darah akan mengakibatkan matinya sel-sel di bagian tubuh tertentu dalam kasus ini otak. Sehingga mengakibatkan stroke.

7. COPD (Chronic Obstructive Pulmonary Disease)

COPD (Chronic Obstructive Pulmonary Disease)

Dalam bahasa indonesia adalah Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) yakni sekumpulan penyakit paru-paru yang mengakibatkan hambatan dalam aliran udara ketika menarik napas dan menimbulkan kesulitan dalam pernapasan.

Terdapat 2 macam PPOK yaitu Bronkitis kronis yang adalah batuk berkepanjang disertai dengan dahak dan emphysema yaitu pembengkakan dan kerusakan pada jaringan paru-paru.

Gejala PPOK antara lain napas pendek, menyerupai hidung mampet, batuk parah, dan dada terasa tegang atau kencang ketika bernapas.

8. Penyakit Jantung Iskemik

Penyakit Jantung Iskemik

Satu lagi penyakit yang berkaitan dengan jantung, bagaimana tidak modern sekarang ini manusia semakin jarang bergerak dan lebih sering duduk di depan komputer.

Iskemik adalah sebuah kondisi medis dimana organ dalam tubuh yang tidak mendapatkan cukup darah dan oksigen. Paling sering terjadi adalah pada jantung.

Jantung mengalami kekurangan aliran darah dan oksigen sehingga mengakibatkan nyeri dada tengah yang intensitaf rasa sakitnya berbeda-beda di setiap orang, namun kasus terburuk tetap sama yaitu gagal jantung dan kematian.

Penyakit ini biasanya mempengaruhi 1 dari 100 orang di dunia, dan adalah salah satu penyakit paling mematikan di dunia dimana menyebabkan 7,4 juta orang meninggal setiap tahunnya.

Gejala umum penyakit ini umumnya adalah keringat dingin, jantung berdebar-debar, sesak napas, mual dan muntah. Orang yang perokok, diabetes, obesitas dan tekanan darah tinggi memiliki resiko terjangkit penyakit ini.

9. HIV/AIDS

HIV AIDS

Human Immunodeficiency Virus atau singkatnya lebih sering kita dengar sebagai HIV, adalah virus yang menyebabkan imunitas sistem tubuh kita terus melemah seiring berjalannya waktu.

Sebagai akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh kita, maka penyakit paling ringan-pun dapat menjadi penyakit yang mematikan bagi penderitannya.

Setiap tahunnya 1,6 juta orang meninggal karena penyakit ini dan 2,3 juta orang diperkirakan terjangkit penyakit ini setiap tahunnya.

Penyakit HIV ini dapat menyebar melalui cairan tubuh orang yang terinfeksi, seperti berbagi makanan maupun hal-hal yang berhubungan dengan kontak tubuh langsung.

Sampai sekarang belum ada obat yang dapat menyembuhkan salah satu penyakit paling mematikan di dunia ini. Selain karena tidak dapat disembuhkan alasan mengapa penyakit ini masuk daftar teratas penyakit paling mematikan bagi manusia adalah karena hingga sekarang telah ada lebih dari 35 juta orang di dunia yang meinggal karena penyakit ini.

10. Malaria

malaria

Banyak dari Anda pasti sudah sering sekali mendengar penyakit ini. Secara sekilas mungkin Malaria tidaklah terdengar begitu mematikan namun jika Anda melihat secara statistik, ada alasan mengapa nyamuk adalah hewan paling mematikan di dunia.

Malaria sendiri adalah penyakit yang disebabkan oleh melalui penyebaran parasit diakibatkan oleh gigitan nyamuk yang terinfeksi. Parasit ini hidup di dalam hati manusia, dan ketika telah cukup dewasa, mereka menyebar melalui jaringan darah dan menginfeksi sel darah merah.

Gejala dari penyakit ini tidak muncul langsung namun terkadang membutuhkan waktu 1 tahun. Jadi jagalah kesehatan dari dini dan jangan pernah menyepelekan kesehatan ya.

Setiap tahunnya diperkirakan terjadi sekitar 300 hingga 500 juta kasus malaria di dunia dengan tingkat kematian per tahun mencapai lebih dari 2 juta orang.
Untuk anak kecil satistik menunjukkan hal yang lebih mengenaskan yaitu setiap harinya ada sekitar 2800 anak kecil di dunia yang meninggal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *