Makanan Yang Bagus Untuk Diabetes

Diabetes? Daftar Makanan Yang Cocok Untuk Di Komsumsi

Diabetes adalah penyakit yang disebabkan oleh kadar gula darah yang terlalu tinggi. Kenapa bisa demikian? Itu karena adanya gangguan pada sistem metabolisme dalam tubuh.

Ada banyak penyebab diabates, di antaranya adalah tidak menjaga pola makan, malas berolahraga, dan kelebihan berat badan. Jika sudah terserang diabetes, maka akan banyak hal yang harus dipantang, terutama makanan.

Berikut ini akan kami rangkum kan makanan yang harus di komsumsi jika kena penyakit diabetes.

1. Alpukat

Alpukat

Buah dengan sumber lemak baik ada pada alpukat. Tunggu apa lagi? Inilah saatnya merasakan betapa bagus mengkonsumsi lemak baik. `

Kalian bisa mendapatkan manfaat seperti meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi resiko terserang penyakit jantung.

Dan yang paling penting, buah ini masih tergolong aman dikonsumsi bagi mereka yang bermasalah dengan gula darah tinggi.

Menurut jurnal yang terdapat pada The American Journal of Clinical Nutrition yang terbit pada tahun 2008, beberapa wanita yang rajin makan alpukat, 25% lebih kecil terserang penyakit diabetes tipe 2.

Memang alpukat mengandung tinggi lemak, tapi lemak disini adalah lemak baik yang aman bagi tubuh. Alpukat ukuran sedang diperkirakan mengandung 2 gram serat dan 2 gram karbohidrat.

2. Apel

APEL

Dokter mengatakan untuk rajin makan apel, 1 hari 1 buah. Bukan tanpa alasan, makan buah apel, apalagi secara rutin, dapat menurunkan kolesterol sebanyak 40%. Tidak hanya itu, bagi mereka yang menderita diabetes, mengkonsumsi buah apel sangat bagus karena apel memiliki serat yang sangat tinggi.

Sebuah studi yang dilakukan menyatakan, dalam buah apel terkandung anti oksidan yang yang mampu menurunkan kolesterol jahat yang menjadi penyebab penyakit jantung.

Seratnya yang tinggi bisa mencegah seseorang untuk terserang diabetes 2. Karbohidrat apel juga aman dikonsumsi bagi mereka yang menderita diabetes.

3. Ikan

ikan

Pada ikan, terkandung vitamin bagus untuk tubuh, seperti protein dan lemak omega-3. Protein berguna untuk pembentukan otot bagi mereka yang fitness, dan lemak omega-3 yang berguna untuk meredakan inflamasi atau peradangan. `

Sudah banyak juga penelitian yang menunjukkan manfaat dari rajin mengkonsumsi ikan. Jadi biasakan makan ikan, dan ikan juga termasuk makanan yang banyak mamfaat kok.

Lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan, bisa meredakan inflamasi yang dapat memperparah mereka yang menderita diabetes dan kelebihan berat badan.

Diet yang menganjurkan banyak makan ikan diketahui dapat menurunkan resiko terserang stroke. Mau dimasak dengan cara direbus atau disteam, tidak masalah. Di masak sesuai selera masing-masing.

4. Gandum

Gandum

Semua orang tahu bahwa oat atau gandum adalah makanan yang menyehatkan. Sudah banyak orang yang mengatakan, kalau mau, konsumsi oatmeal untuk sarapan.

Selain bagus untuk membantu penurunan berat badan, gandum atau oatmeal ini juga bagus bagi mereka yang menderita gula darah tinggi.

Bagi mereka yang masih sehat, oatmeal bisa membantu mengurangi resiko terserang diabetes tipe 2. Kandungan magnesium yang tinggi dalam oatmeal membantu tubuh untuk mengontrol kadar gula dan mensekresi insulin secara normal.

Bagi yang sudah terserang diabetes, oatmeal ini dapat membantu tubuh untuk mengontrol kadar gula agar tetap stabil. Jaga kesehatan selagi masih dini dan bisa ya.

5. Brokoli

Brokoli

kadang kita ada berpikir, makanan apa sih yang aman dan boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes? Jawabannya adalah brokoli. Brokoli adalah sayuran yang kecil dengan manfaat yang segudang.

Bagi mereka yang menderita gula darah tinggi, tidak ada masalah mengkonsumsi brokoli dalam jumlah yang banyak. Sehat kok sayuran brokolo ini.

Seperti sayuran pada kebanyakan, brokoli mengandung yang namanya sulforaphane. Sulfpraphane ini berfungsi sebagai pencegah inflammatory atau radang, yang bisa meningkatkan kontrol gula dalam darah.

Brokoli juga bisa melindungi pembuluh darah dari kerusakan yang disebabkan oleh kelebihan gula. Jadi sudah harus biasakan makan sayuran brokoli hijau ini ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *